.

10/21/2009

IDE BISNIS dengan Bodol, Botol, dan Bobol

Diposting oleh JAKDES DISTRO CLOTHING |


Ada satu pertanyaanyang menarik untuk kita simak dari seorang peserta Entrepreneur University angkatan ketiga di Jakarta beberapa waktu lalu. “Kenapa sih Pak, saya tak punya keberanian dalam berbisnis. Rasanya sulit sekali. Apalagi saya cukup punya duit, keahlian dan ide bisnis. Apa mungkin saya bisa berbisnis?” ujarnya. Saya yang ditanya soal masalah yang satu ini, sambil bercanda balik bertanya.”Apakah Bapak ketika masuk kamar mandi juga harus berpikir lebih dahulu satu atau dua jam sebelumnya?”, tanya saya. Dia agak terkejut mendengarnya, pikirnya kok aneh pertanyaan saya ini. “Ah…nggak perlu saya pikir dong, pak. Masak masuk kamar mandi saya harus pikir dulu satu atau dua jam sebelumnya. Wah, Bapak ini gimana sih,” jawabnya bersemangat. Mendengar jawaban spontan itu, serentak peserta yang sebagian besar ibu rumah tangga, karyawan, pensiunan, dosen, dan bahkan ada yang bergelar master serta docktor itu tertawa lepas. “ Yah, seperti itulah, kalau kita mau bisnis, “ jawab saya singkat. ”Enggak usah terlalu dipikir-pikir.”

Saya berpendapat, kenapa energi kita hanya untuk berpikir dan berpikir terus mau bisnis apa, tapi tidak ada wujudnya. Saya kira, kalau kita mau bisnis saja sudah terlalu banyak dipikir, bisa saja bisnis itu tidak akan terwujud. Padahal mungkin kita ada keinginan jadi pengusaha. Oleh karena itulah, kita harus memiliki keberanian untuk memiliki bisnis apapun yang kita inginkan. Misalnya saja, ketika kita memulai bisnis tapi menghadapi kendala tak punya modal, nggak usah bingung pakai saja jurus BODOL. Apa itu Bodol? Saya singkat dari kata”Berani, Optimis, Duit, Orang, Lain?. Maksud saya, dalam bisnis kita harus punya keberanian . Kita harus optimis. Nah, kalau enggak punya duit, kita bisa’pakai’ atau pinjam duitnya orang lain. Saya yakin, asal bisnis kita jelas, dan punya prospek bagus, pasti ada saja orang yang meminjamkan duit atau modal pada kita. Pinjam duit pada orang lain untuk bisnis saya kira sah-sah saja. Bahkan sering saya menyarankan, walaupun punya duit sebaiknya jangan dipakai duit sendiri untuk bisnis.

Kalau kita punya duit atau modal, tapi kita tidak ahli di bidang bisnis yang akan kita jalankan, saya rasa kita bisa saja pakai jurus BOTOL. Singkatan apa pula ini? Berani, Optimis, Tenaga, Orang, Lain. Artinya selain kita tetap punya keberanian dan optimis, kita pun bisa memakai tenaga orang lain atau kita bisa mencari orang yang ahli di bidangnya sehingga bisnis kita bisa jalan. Pendeknya tak harus bisnis itu kita jalankan dengan tenaga sendiri. Kalau ide bisnis pun ternyata tidak punya, maka jurus BOBOL bisa kita lakukan. Singkatan Berani, Optimis, Bisnis, Orang, Lain. Jadi kita harus berani dan optimis dalam melalui bisnis dengan meniru bisnis orang lain.

Nah, kenapa kita merasa sulit dan tak berani memulai bisnis, padahal setiap saat kita memiliki keberanian masuk kamar mandi. Kita masuk kamar mandi tanpa banyak berpikir. Kalau lantas airnya kurang hangat atau terlalu dingin, kita juga bisa mengaturnya. Seperti halnya bisnis kalu bisnis yang kita jalankan kurang berkembang, kita bisa atur. Bisa kita perbaiki mana yang kurang. Dan kalapun kita tak punya modal, tak punya keahlian atau tak punya ide, maka bisa saja memanfaatkan punya orng lain. Tapi yang penting, bisnis kita tetap jalan. Justru kekurangan bisnis kita disana sini akan membuat kita dewasa dalam berbisnis. Jiwa entrepreneur kita pun akan semakin berkembang.

Oleh karena itu, bagi kita yang mau memulai bisnis tapi tak punya keahlian, atau mungkin juga tak punya ide bisnis, saya sarankan coba saja menerapkan jurus Bodol, Botol, dan Bobol. Anda berani mencoba?

sumber//purdiechandra.net

10/21/2009

Cara Agar Uang berlimpah

Diposting oleh JAKDES DISTRO CLOTHING |

Salah satu ketrampilan untuk mencapai kesuksesan financial adalah mengelola uang. Pengelolaan uang yang baik, akan memudahkan dan mempercepat Anda mencapai kesuksesan financial. Apapun profesi dan bisnis Anda, dan berapapun uang yang Anda hasilkan tiap bulan, Anda butuh ketrampilan pengelolaan uang.



Simak cerita kehidupan di bawah ini

Michael Antonucci, Kaya Raya berkat Lotre, Diadili karena Utang Recehan

Lotre senilai GBP 2,8 juta (sekitar Rp. 46 miliar) menjadikan Michael Antonucci jutawan selama beberapa bulan saja. Sempat harus tidur di kantor karena tak punya rumah.

Saat dinyatakan sebagai pemenang dalam penarikan perdana Undian Nasional pada 1995,Michael Antonucci masih berstatus pedagang barang antik. Kini, sekitar 14 tahun setelah keberuntungan tersebut, dia tetap berprofesi sebagai pedagang barang antik. Profesi itu, konon sudah kembali dia tekuni dua tahun terakhir. Lotre senilai GBP 2,8 juta (Rp. 46 miliar) gagal mengangkat derajat hidupnya.

“ Uang yang dia peroleh dari undian itu sudah habis. Tidak penting menjelaskan kemana perginya uang itu. Cukup saya katakana habis,” terang pengacaranya. Mackenzie Robinson, Kepada Daily Mail Selasa (9/6).

Hanya dalam hitungan bulan, uang sebanyak itu lenyap tanpa bekas. Rumah tangga yang dia bina dengan model topless Kelly Arkins, sesaat setelah menjadi jutawan, kandas pada bulan ketiga. Pesta mewah di Bahama yang menelan dana GBP 10.000 (Rp. 164,45 juta) tidak bisa menyelamatkan pernikahannya.

Serangkaian bisnis yang dia rintis setelah menjadi jutawan pun satu per satu berguguran. Mulai dari bisnis furniture dengan modal GBP 300.000 (sekitar Rp. 4,9 miliar) pub, kelab malam sampai panti pijat. Sebuah gedung pertemuan senilai GBP 750.000 (Rp.12,3 miliar) yang disulapnya menjadi wahana konser musik pun tidak laku disewakan. Selama enam tahun, Antonucci terpaksa tidur diruang kantor pubnya di Plymouth karena tidak punya rumah lagi.

Rumah mewah yang dibelinya seharga GBP 250.000 (sekitar Rp. 4,1 miliar) terpaksa dijual. Sementara, rumahnya ayng lain jatuh ke tangan sang mantan istri. Janda Antonucci yang masih sangat muda itu dinyatakan berhak atas rumah senilai GBP 350.000 (sekitar Rp. 5,7 miliar). Harta berharga lainnya GBP 80.000 (sekitar Rp. 131,5 juta) dan sebuah kapal yang harganya berkisar GBP 30.000 (sekitar Rp. 493 juta).

Bersamaan dengan itu, berakhir pulalah episode liburan mewahnya ke pulau-pulau eksotis. Selama beberapa bulan mencecap kehidupan sebagai jutawan, dia menghabiskan GBP 10.000 (sekitar Rp. 164,45 juta) untuk berpesiar bersama mantan istri yang dia “belikan” payudara baru seharga GBP 4.500 (sekitar Rp. 74 juta). Impiannya untuk menjadi produser band pop pun terpaksa musnah. Padahal, dia sudah menghabiskan GBP 250.000 (sekitar Rp. 4,1 miliar) untuk membangun studio rekaman.

Tidak sampai satu tahun bergelimang harta, Antonucci terpaksa kembali ke kehidupan lamanya sebagai pedagang barang antik. Bahkan, kini dia terjerat kasus dana. Gara-garanya, utang “recehan” sebesar GBP 400 (sekitar Rp. 6,5 juta) saat dia masih kaya. Utang tersebut membuatnya berseteru dengan pemilik took besi di Plymouth, John Langman. Belum lama ini keduanya bahkan terlibat perkelahian yang membuat Langman terluka saat berupaya menagih utang pelunasan kaca tersebut.

“ Banyak hal terjadi dalam kehidupan saya selama 15 tahun terakhir. Hal-hal semacam ini pasti akan menghampiri Anda Jika Anda sempat mengalami perjalanan hidup seperti yang saya alami,” tandas Antonucci di hadapan hakim dalam persidangan Selasa (9/6). Dinyatakan bersalah karena mendaratkan pukulan di wajah Langman, dia pun diwajibkan membayar denda sebesar GBP 720 (sekitar Rp.11,8 juta). Rinciannya, ganti rugi korban sebanyak GBP 100 (Rp. 1,6 juta). denda hokum GBP 150 (Rp. 2,46 juta), biaya perkara GBP 455 (Rp. 7,48 juta) dan tagihan korban GBP 15 (sekitar Rp. 247 ribu). (Jawa Pos, 11 Juni 2009. hep/ttg)



Saudara…. Apa yang bisa Anda pelajari dari cerita di atas ? Ya… antara lain uang yang dihasilkan dengan cara yang tidak benar mudah musnah, bukan ? Juga pelajaran bahwa manajeman uang itu amat penting. Tanpa pengelolaan yang baik, uang yang Anda hasilkan akan cepat habis, tanpa disadari.

Agar Uang Anda Tumbuh Semakin Banyak

Ada beberapa tips agar uang yang Anda hasilkan tiap bulan bisa tumbuh semakin banyak, antara lain :

1. Anda harus siap sukses secara finansial

Ternyata kesuksesan itu juga butuh dipersiapkan. Cerita di atas menjadi bukti akan hal ini. Ada kaidah yang mengatakan : apa yang ada di dalam, begitulah yang di luar. Maksudnya, jika kita ingin sukses financial, kita harus mempersiapkan mental dan mindset sukses. Jika mental dan mindset sukses belum kita miliki, berapapun uang yang Anda terima, akan cepat ludes. Karena itu, jika Anda ingin lebih sukses secara financial, Anda harus membangun mental dan mindset Anda terlebih dahulu

2. Kelola Uang Anda Setiap Bulan

Berapapun pemasukan Anda saat ini setiap bulan, Anda harus mengelolanya dengan baik. Biasakan untuk menabung 10-20 % dari penghasilan Anda. Jangan terlalu mudah menggunakan uang tabungan tersebut. Uang tabungan Anda hanya boleh digunakan untuk kondisi darurat dan untuk menangkap peluang di masa yang akan datang

Sisihkan juga uang Anda untuk berinvestasi 10-20 %. Investasi bisa dalam bentuk property, usaha bersama, dll

Jika penghasilan besar, mudah membaginya. Tapi bagaimana jika penghasilan Anda masih kecil ? Saudara… Justru jika saat ini penghasilan Anda masih kecil, Anda malah harus lebih pintar lagi mengelola uang Anda. Anda harus hidup dibawah kemampuan, dan tetap menabung dan berinvestasi. Ingat…. Besar kecil penghasilan itu relative bagi setiap orang. Berapapun penghasilan Anda, pengelolaan uang harus dilakukan dengan benar. Kesuksesan itu ada polanya. Ikuti pola orang kaya tentang bagaimana cara mengelola uangnya.

Bagaimana menurut Anda ?

sumber//alarief.com

10/21/2009

Meramal Masa Depan

Diposting oleh JAKDES DISTRO CLOTHING |


\

Saudara, ada dua hal penting yang membuat Anda bisa meramal masa depan Anda sendiri. Seperti apakah masa depan Anda kelak ? Seberapa sukses Anda 5 atau 10 tahun mendatang ? Menjadi manusia seperti apakah Anda di masa yang akan datang ? Cukup dengan melihat dua hal ini, Anda bisa meramalkan masa depan Anda.

Apa dua hal itu ?



  1. Apa yang anda masukkan ke otak anda

Informasi apapun yang Anda masukkan ke dalam otak atau pikiran Anda akan mempengaruhi masa depan Anda. Hal ini sangat wajar terjadi. Otak adalah pusat semua aktivitas. Otak adalah pusat syaraf. Apa yang diketahui otak kita akan mempengaruhi semua aktivitas hidup kita. Setiap hari, Anda memasukkan ribuan informasi dari seluruh panca indera Anda. Informasi itu datang melalui panca indera Anda dan masuk ke otak. Informasi yang masuk pada hari ini, akan menjadi bahan referensi bagi otak Anda untuk merespon kejadian-kejadian sejenis di masa yang akan datang. Jika informasi yang Anda serap hari ini benar dan baik, maka respon di masa yang akan datang juga baik. Begitu juga sebaliknya. Pertanyaannya sekarang, informasi apa yang Anda masukkan ke otak Anda setiap hari ? Apakah informasi itu baik dan bermanfaat, ataukah informasi itu buruk dan tidak ada gunanya di masa yang akan datang ? Karena inilah, wajar jika mereka yang sukses memiliki kebiasaan sehari-hari yang bermanfaat. Misalnya membaca buku-buku yang bermanfaat, menghilangkan kebiasaan nonton tv yang tidak ada gunanya, sering mengikuti seminar / training untuk kesuksesannya, dan lain-lain Anda pasti bisa ‘meramal; masa depan orang-orang seperti ini (nama-nama di bawah ini hanya sebagai contoh dan fiktif) :

  • Bu Yuli menyukai sinetron. Setiap hari nonton sinetron minimal 3 jam. Isi sinetron antara lain pertengkaran, perceraian, intrik keluarga, dan percintaan. Selain sineron, bu Yuli paling suka nonton berita kriminal satu jam setiap hari, dari dua stasiun televisi. Sinetron dan berita kriminal akan menjadi bahan ceritanya saat ngerumpi dengan tetangganya

  • Si Gunawan sangat menyukai membaca. Buku yang suka ia baca adalah buku novel. Setiap ada novel baru, ia pasti tidak mau ketinggalan. Selain novel ia juga suka nonton film kartun yang lucu-lucu. Rata-rata ia menghabiskan waktu untuk membaca novel dan nonton film kartun ini 4 jam sehari. Internet juga cukup menghabiskan hari-harinya. Ia selalu melayani chatting dengan teman kualiah dan pacarnya

  • Pak Hasan juga sangat menyukai membaca. Buku yang selalu dibacanya adalah buku-buku bisnis dan pengembangan diri. Ratusan buku bisnis dan pengembangan diri bertengger di lemari perpustakaan pribadinya. Rata-rata 2 jam ia habiskan membaca buku-buku tersebut setiap harinya. Ia sering mengikuti seminar, training atau workshop bisnis sesuai dengan kebutuhannya. Ia juga senang nonton televisi untuk acara-acara berita bisnis atau dialog. Internet juga menjadi kegemarannya untuk browsing pengetahuan. Menurut Anda, siapa yang akan sukses secara financial di masa yang akan datang. Pasti pak Hasan, kan ? Sekarang, bisakah Anda meramal masa depan Anda ?

  1. Dengan siapa Anda bergaul

Pergaulan bisa menentukan masa depan Anda. Lingkungan pergaulan akan mempengaruhi pola pikir Anda. Lingkungan pergaulan mempengaruhi aktivitas Anda. Siapa teman bergaul Anda, seperti itulah pola pikir dan aktivitas Anda. Pola pikr dan aktivitas harian Anda itulah yang mencetak masa depan Anda. Benar sekali pesan orang tua kita dulu, “hati-hati kalau bergaul, bergaullah dengan orang baik-baik”. Orang tua kita sangat menyayagi kita, sehingga menjaga kita agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang tidak baik. Kita diminta mimilih teman dengan akhlaq yang baik, karena orang tua kita ingin anaknya punya akhlaq yang baik Seperti temannya Seperti itu pula, jika Anda menginginkan masa depan financial yang baik. Pilihlah teman atau lingkungan pergaulan yang mendukung. Pilih teman yang mampu mensupport kesuksesan Anda, bukan malah sebaliknya. Pilih lingkungan pergaulan yang kondusif untuk cita-cita Anda. Jika ingin menjadi pengusaha, bergaullah dengan para pengusaha. Agar Anda ketularan semangat, ide, strategi dan kesuksesan mereka. Segera bergabung dengan asosiasi (perkumpulan) pengusaha di bidang Anda, sehingga Anda mendapatkan banyak manfaat darinya. Hadiri juga acara-acara yang berhubungan dengan bidang Anda. Memilih teman bergaul bukan berarti membatasi diri untuk menjadi eksklusif. Teman pergaulan yang saya maksud adalah mereka yang banyak menghabiskan waktu-waktu Anda. Anda tetap bisa berhubungan dengan siapa saja seperlunya Siapakah teman bergaul Anda saat ini, ditulah masa depan Anda. Saudara, dengan demikian, pastikan kesuksesan masa depan Anda dengan :

  1. Menyeleksi informasi yang Anda masukkan ke dalam otak
  2. Memilih pergaulan yang mendukung tujuan atau cita-cita Anda

Bagaimana pendapat Anda ?


sumber// alarief.com

10/21/2009

Facebook Sarana Berbisnis

Diposting oleh JAKDES DISTRO CLOTHING |





Saat ini siapa sih pengguna internet yang tidak mengenal facebook ? Saya yakin, Andapun telah mengenalnya, atau bahkan telah menjadi member fanatiknya. Facebook sebagai salah satu social network media memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan media lain.Salah satu kelebihan menarik yang ada kaitannya dengan usaha Anda antara lain kemampuannya untuk membangun jaringan pertemanan seperti virus. Salah satu hal yang cukup menarik juga adalah pengguna facebook ni cukup beragam. Tidak hanya anak muda, tetapi mereka yang sudah berumur dan mapan banyak juga yang menggunakan. Dari sisi profesi pengguna facebook juga dari berbagai kalangan

Bagaimana memanfaatkan facebook untuk membantu kesuksesan usaha Anda ? Berikut ini tip-tipnya

  1. Buatlah account facebook sekarang juga

Jika Anda saat ini belum punya account facebook, jangan salahkan saya jika ada yang bilang ke Anda, “Hare gene gak pake fesbuk, kuno gito loh ??!!” Facebook kini seolah menjadi mainan baru anak muda, bahkan orang tua sekalipun. Kemaren saat pulang dari Jakarta, di dalam pesawat saat menunggu tangga dipasang saya melirik pemuda di sebelah saya yang mengotak-atik Blackberry-nya. Tebakan saya, pasti ia sedang buka facebook-nya. Dan tebakan saya tidak meleset. Sebegitu menariknya facebook, sehingga saya sendiri saat awal-awal menggunakan facebook, satu hari lebih dari sepuluh kali membuka account. Jika saat ini Anda belum memiliki account facebook, silahkan daftar sekarang juga disini. Dan jangan lupa add nama saya menjadi teman Anda ya..

  1. Pilih teman / relasi sesuai dengan target market Anda

Jika Anda ingin menggunakan facebook untuk membantu menyukseskan usaha Anda, ataupun membangun personal / corporate branding, Anda bisa memilih segmen pasar yang sesuai. Facebook menyediakan pilihan siapa saja yang berhak Anda setujui sebagai teman Anda. Anda bisa memilih berdasarkan jenis kelamin, agama, minat, atau apapun sesuai kepentingan Anda. Karena itu, pilihlah teman sesuai dengan segmen pasar usaha atau bisnis Anda saat ini. Atau bisa juga Anda memilih teman untuk kepentingan jangka panjang bisnis Anda

  1. Buat situs / blog produk atau jasa Anda

Pada dasarnya facebook bukanlah tempat akhir Anda menjual produk, walaupun sebenarnya bisa saja Anda menjual langsung produk di facebook. Karena itu, setelah Anda mempunyai account di facebook, buatlah juga web atau blog yang berisi presentasi lengkap produk atau usaha Anda. Membuat web atau blog bisnis secara terpisah akan meningkatkan kredibilitas online usaha Anda.

  1. Beri tautan ke web / blog Anda

Taruh link website atau blog Anda di face book, sehingga memudahkan relasi Anda untuk mengunjunginya.

  1. Promosi yang sewajarnya

Fungsi utama membuat account facebook adalah membangun relasi atau jaringan. Dalam prosesnya Anda membangun kepercayaan teman-teman/relasi kepada Anda. Setelah kepercayaan terbangun, Anda akan lebih mudah untuk menjual apa saja kepada relasi Anda tersebut. Anda boleh saja berpromosi dalam facebook. Tapi promosi Anda harus sewajarnya. Jangan membombardir relasi Anda dengan iklan-iklan yang membosankan. Itu hanya akan merusak kredibilitas Anda

  1. Aktif bersosialisasi

Cara cepat untuk membangun kepercayaan teman / relasi Anda adalah seringnya Anda bersosialisai dengan mereka. Berilah komentar sesering mungkin kepada siapa saja. Komentar ringan Anda sangat besar artinya bagi mereka. Namun, jangan lupa, berkomentarlah secara sopan dan jangan merusak citra Anda dengan komentar yang tidak pantas

  1. Jaga reputasi Anda

Hindari melakukan tindakan negative yang hanya merusak reputasi Anda. Tulisan Anda akan dibaca banyak orang, karena itu pikirkan masak-masak sebelum memosting tulisan Anda. Ingat, Anda bukan menghadapi computer, Anda menghadapi manusia yang mempunyai perasaan seperti Anda.

  1. Bergabung dengan group dan membuat group sendiri

Facebook menyediakan fasilitas bagi membernya untuk bergabung atau membuat group-group. Anda bisa bergabung dengan group yang menjadi target market Anda ataupun Anda bisa membuatnya sendiri.

  1. Upload foto produk atau perusahaan Anda

Facebook menyediakan fasilitas untuk memuat foto-foto yang Anda miliki. Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk meng-upload foto produk usaha Anda.

  1. Iklan berbayar di facebook

Seperti halnya Google, facebook juga punya program periklanan berbayar. Kelebihan program ini yang menarik dibanding yan sejenis adalah adanya fasilitas untuk memilih target umur pembaca iklan Ada. Saya sendiri saat menulis artikel ini belum memanfaatkan fasilitas ini.

  1. Atur waktu Anda
Awas…. Facebook bisa menyita waktu Anda. Bagi Anda yang menyukai sosialisasi, saya akan memaklumi jika Anda membuka facebook hingga 10 kali dalam sehari, atau bahkan lebih. Tapi sebagai pengusaha, hendaknya lebih bijak dalam mengatur waktu, kan ? Saya rasa cukuplah membuka account facebook 2 kali sehari, misalnya pagi dan sore. Jawab komentar teman-teman Anda, dan sesekali mengomentari apa yang mereka tulis. Ok.. ini saja beberapa tips dari saya. Saya akan update jika ada sesuatu yang menarik lainnya….

sumber// alarief.com

10/21/2009

Persaingan Bisnis? Jadikan Motivasi

Diposting oleh JAKDES DISTRO CLOTHING |





Dalam setiap bisnis, Anda tidak akan lepas dari persaingan. Apalagi jika bisnis Anda sukses, tentu pesaing-pesaing baru akan mengikuti kesuksesan Anda. Strategi yang biasa digunakan para pebisnis dalam menghadapi persaingan adalah perang harga. Masalahnya, jika Anda perang harga, maka Anda harus siap kehilangan sebagian profit. Dan perang harga yang berkepanjangan hanya akan ‘merusak’ bisnis secara keseluruhan. Bagaimana cara menghadapi persaingan dalam bisnis tanpa harus menurunkan harga ?

  1. Pilih Pesaing Yang Tepat

Menghadapi persaingan membutuhkan energi, waktu dan biaya. Karena itu, sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya Anda menetapkan siapa pesaing Anda saat ini. Jangan sampai salah dalam menetapkan pesaing. Siapa pesaing Anda akan menentukan bagaimana cara menghadapinya. Pesaing Anda boleh jadi skala bisnis lebih kecil atau lebih besar dari Anda. Pesaing Anda juga boleh jadi tidak dari kategori bisnis yang sama dengan Anda.

  1. Fokus Kepada Keunggulan Anda

Jika selama ini bisnis Anda sudah ‘jalan’, saya yakin bisnis atau produk Anda memiliki keunggulan. Buktinya ada yang beli, kan ? Menghadapi sengitnya persaingan, Anda harus focus pada keunggulan bisnis atau produk Anda. Jika misalnya keunggulan bisnis Anda terletak pada kualitas produk, maka pertahankan kualitas tersebut. Lebih baik lagi tingkatkan kualitas produk Anda. Dan dalam setiap promosi, tonjolkan saja keunggulan produk Anda tadi. Contoh lagi, kalau keunggulan Anda terletak pada kecepatan pelayanan, maka keunggulan inilah yang harus Anda pertahankan dan tingkatkan

  1. Fokus Kepada Kelemahan Pesaing

Tahukah Anda apa kelemahan pesaing Anda saat ini ? Jika sudah tahu, mengapa Anda tidak menggunakan kelemahan pesaing Anda untuk kesuksesan bisnis Anda sendiri ? Sediakan untuk customer Anda apa yang tidak disediakan pesaing. Berikan customer Anda apa yang tidak diberikan pesaing Anda.

  1. Belajar Dari Pengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik. Anda bisa belajar dari pengalaman Anda sebelumnya, atau belajar dari pengalaman orang lain dalam menghadapi persaingan. Menghadapi persaingan tidak melulu urusan strategi bertindak, tapi juga bagaimana sikap dan mental Anda. Tidak ada salahkan Anda belajar kepada mereka yang berpengalaman

  1. Keluar Dari Persaingan

Persaingan kadang tidak selalu harus Anda hadapi. Ada kalanya dalam kondisi tertentu, Anda harus keluar dari persaingan. Keluar dari persaingan bukan berarti menutup bisnis Anda. Keluar persaingan bisa berarti Anda mencari ceruk pasar baru, membuat produk baru, inovasi, dll

  1. Berdoa
Nah, kalau ini strategi paling akhir dan harus Anda lakukan. Bagaimanapun juga, bisnis itu kan masalah rezeki. Seberapa hebatpun strategi yang Anda lakukan, hanya Tuhan saja yang menentukan hasilnya. Semoga Anda sukses dalam menghadapi persaingan bisnis. Bagaimana pendapat Anda ?

sumber // alarief.com



10/21/2009

Ide..... Sumber Kekayaan Anda

Diposting oleh JAKDES DISTRO CLOTHING |

Brian Tracy, motivator kenamaan dari Amerika, mengatakan untuk menjadi kaya raya Anda hanya butuh satu ide.Saya sangat setuju dengan hal ini. Lihatlah orang-orang kaya disekitar tempat tinggal Anda. Bukankah mereka kebanyakan memiliki satu ide, satu pekerjaan, atau satu produk / jasa. Anda tidak perlu memiliki ratusan atau ribuan ide untuk menjadi kaya. Cukup satu ide saja. Ide disini bisa berupa produk Anda atau profesi Anda

Masalahnya adalah bagaimana cara menemukan satu ide kekayaan tersebut ?

Inilah satu hal yang sering dikeluhkan sebagian besar orang, sulit mencari ide. Namun, sulit bukan berarti tidak bisa. Dengan keinginan yang kuat dan kesabaran untuk mencari ide kekayaan tersebut, suatu saat Anda pasti menemukanya. Memang benar kata orang, bahwa satu milyar pertama itu tidak mudah Anda raih. Tapi setelah satu milyar Anda capai, milyar kedua dan seterusnya jauh lebih mudah. Ide kekayaan yang pertama tidak mudah ditemukan, tapi ide kedua dan seterusnya sangat mudah Anda raih

Beberapa cara untuk menemukan ide kekayaan Anda antara lain

  1. Telusuri hobi Anda

Hobi bisa menjadi sumber kekayaan jika hobi itu memiliki nilai ekonomis. Seseorang akan lebih cepat berhasil jika ia menyukai pekerjaannya. Coba Anda pikirkan, apa saja hobi atau kesukaan Anda saat ini yang memiliki nilai ekonomis dan menjadikan Anda kaya ?

  1. Membaca buku

Orang-orang kaya adalah teman yang baik bagi buku. Buku adalah sumber pengetahuan utama mereka. Ide-ide kekayaan banyak terpendam di buku-buku bisnis. Jangan heran jika Anda melihat setiap rumah para jutawan selalu ada perpustakaannya. Anda harus ingat, bahwa buku adalah kumpulan dari ide-ide. Tidakkah ada satu ide saja dari sekian banyak buku Anda baca yang bisa menjadikan kaya raya ? Jika saat ini belum ada, silahkan terus membaca hingga Anda menemukan ide kekayaan Anda

  1. Membaca Majalah Bisnis

Di Indonesia saat ini ada puluhan majalah dan tabloid bisnis. Anda akan banyak menemukan ide-ide cemerlang yang sudah membuat banyak orang kaya di majalah tersebut. Siapa tahu satu ide kekayaan sedang menunggu Anda disana

  1. Keluar Dari Kebiasaan Saat ini

Ide atau peluang biasanya tidak datang pada rutinitas harian. Cobalah sekali-kali keluar dari rutinitas harian Anda. Sekali-kali lewati jalan yang lain saat berangkat kantor. Sekali-kali juga bepergian ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Sekali-kali juga bergaul dengan orang lain yang belum Anda kenal. Siapa tahu, dengan merubah kebiasaan, peluang atau ide kekayaan menghampiri Anda.

Saya tidak heran jika ada orang yang mengatakan, keberuntungan dan peluang itu sering menghampiri mereka yang hidupnya tidak beraturan, zig zag dan tidak hanya mengikuti rutinitas harian.

  1. Berpikir Sekarang Juga

Otak Anda adalah sumber kekayaan terpendam Anda. Gunakan sekarang juga untuk mencari ide kekayaan Anda. Ajukan pertanyaan misalnya : apa yang bisa saya lakukan agar tahun ini penghasilan saya 50 juta per bulan ? Ajukan pertanyaan-pertanyaan lain yang merangsang otak cerdas Anda untuk berpikir. Kadang-kadang disetiap pertanyaan yang Anda ajukan pada diri sendiri, Anda sebenarnya tahu jawabannya. Dan hal ini membuktikan bahwa kita selama ini hanya mengunakan sebagian kecil potensi berpikir kita. Sungguh sayang….

  1. Mengadopsi Ide Kekayaan Orang Lain

Lihatlah mereka yang sudah sukses dan kaya raya. Ide kekayaan apa yang menjadikan mereka kaya ? Apakah ide itu bisa Anda tiru ? Kalau bisa,mengapa tidak Anda coba ?

Memang, tidak semua ide bisa Anda tiru. Banyak faktor yang menentukan kesuksesan seseorang. Namun jika Anda memperhatikan dengan seksama semua faktor sukses orang tersebut, Anda layak juga untuk sukses. Konsep inilah yang menjadi dasar bisnis waralaba, kemitraan, lisensi dan sejenisnya.

  1. Memperluas pergaulan

Banyak teman banyak rejeki, banyak peluang dan banyak ide kekayaan. Perluas jaringan pergaulan Anda. Bergabunglah dengan perkumpulan bisnis, asosiasi, club diskusi, milis, facebook, dll

  1. Baca Media Massa

Dimana seorang yang memiliki peluang bisnis menginformasikan peluangnya ? Tentu di media massa bukan ? Anda bisa menjadikan membaca media massa sebagai rutinitas harian. Tapi tentu saja rutinitas yang tidak menyita waktu Anda. Anda tidak perlu membaca koran seharian. Ingat, tujuan Anda adalah mencari ide kekayaan, bukan membaca peristiwa.

  1. Hadiri Pameran Bisnis

Anda bisa hadir di setiap ada pameran peluang usaha, pameran franchine, dll. Kehadiran Anda yang pasti akan memperluas cakrawala bisnis Anda. Dan jika Anda mujur, ide kekayaan Anda ada disitu.

Itulah 9 cara untuk menemukan ide yang menjadikan Anda kaya. Dan selalu ingat, bahwa Anda tidak tahu dimana ide kekayaan Anda berada. Karena itu, carilah ide itu dengan berbagai cara sampai Anda menemukannya. Dan proses mencari ide kekayaan ini adalah proses sepanjang hayat. Sebab, ide cemerlang saat ini belum tentu bagus 10 tahun mendatang

Bagaimana pendapat Anda ?

Sumber//alarief.com

10/21/2009

Empat Modal Sukses Yang Sudah Anda Miliki Hari Ini

Diposting oleh JAKDES DISTRO CLOTHING |




Seringkali kita mendengar banyak orang ingin meraih sukses, namun salah satu alasan yang sering diucapkan adalah :” Saya tidak punya modal, modal saya kecil, saya kekurangan ….”. Padahal ada beberapa modal tak ternilai yang sudah ia miliki saat ini. Modal-modal inilah yang kerapkali dilupakan. Kebanyakan orang lebih suka memfokuskan apa yang tidak mereka miliki. Sementara modal yang sudah mereka miliki dilupakanbegitu saja. Padahal, jika modal-modal yang sudah mereka miliki itu diberdayakan, maka kesuksesan akan dengan mudah ia raih.

Modal-modal sukses yang sudah Anda miliki antara lain :

  1. Modal Pikiran Sukses Anda

Semua manusia yang lahir didunia ini telah dikarunia otak yang super canggih. Komputer tercanggih di dunia ini tidak ada yang bisa mengalahkan kecanggihan otak Anda. Sayangnya, pemanfaaatan otak saat ini sangat minim. Konon, kita saat ini hanya memanfaatkan potensi otak kita kurang dari 10 % dari yang semestinya. Anda bisa bayangkan, jika Anda bisa memanfaatkan potensi otak Anda hingga 100 %, kesuksesan seperti apa yang bisa Anda raih hari ini ? Pasti luar biasa.

Semua kesuksesan yang ada di dunia ini adalah hasil pikiran dari otak manusia. Karena itu, memanfaatkan otak kita untuk meraih kesuksesan adalah wajib. Anda sudah memiliki modal yang luar biasa ini. Jangan lupakan modal Anda yang satu ini.

Cara memanfaatkan modal pikiran antara lain :

  • Mengisi otak kita dengan informasi yang baik-baik dan bemanfaat, sehingga disaat kita berpikir juga bisa menghasilkan pemikiran yang baik

  • Selalu mengasah otak kita setiap waktu

  • Bergaul dengan orang-orang yang memiliki pemikiran positif, sehingga pemikiran positif mereka bisa ‘menulari’ pemikiran Anda

  • Menyediakan waktu untuk berpikir, kalau bisa setiap hari. Waktu berpikir ini bisa Anda gunakan untuk mencari ide, mengevaluasi hidup, dan sebagainya

  1. Modal Waktu

Jika Anda bisa menjual waktu Anda saat ini, berapakah Anda menghargai waktu Anda ? Bisakah saya membeli waktu Anda 20 tahun dengan uang Rp 10 milyar, dan tiba-tiba Anda menjadi lebih tua 20 tahun ? Saya yakin Anda tidak mau menjual waktu Anda.

Waktu adalah salah satu harta tak ternilai yang Anda miliki. Sayang, kadang Anda melupakan modal yang satu ini. Atau seringkali Anda menyia-nyiakan waktu terbuang percuma. Modal waktu ini semestinya Anda sadari dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Ingat selalu, kesuksesan selalu membutuhkan waktu. Jika Anda tidak memberikan waktu untuk diisi dengan tindakan sukses, maka alangkah ruginya Anda

Beberapa cara mendayagunakan waktu antara lain :

  • Menetapkan tujuan Anda dengan tenggat waktu tertentu

  • Menetapkan prioritas tindakan, sehingga waktu Anda akan termanfaatkan dengan baik

  • Menggunakan waktu senggang untuk aktivitas bermanfaat

  • Menggunakan waktu Anda hanya untuk melakukan tindakan-tindakan yang mendekatkan pada tujuan

  • Berani menolak diri sendiri untuk tidak menggunakan waktu secara sia-sia, misalnya menonton sinetron tidak bermutu, dll

  1. Modal Uang Anda Saat ini

Anda saat ini sudah punya uang bukan ? Saya yakin sudah punya !!! Bukankah ketika Anda bisa akses internet saat ini Anda menggunakan biaya. Berarti Anda mempunyai uang, dong.… Kalau Anda saat ini akses internet dari kantor, berarti Anda memiliki pekerjaan yang menghasilkan uang juha, kan ?. Berapapun uang yang Anda miliki saat ini, itulah modal Anda.

Anda mungkin berpikir bahwa uang Anda sedikit. Saya tidak ingin membahas berapa jumlah uang yang Anda miliki. Yang ingin saya tekankan adalah, bagaimana cara Anda menggunakan uang Anda saat ini untuk kesuksesan Anda, berapapun jumlah uang Anda. Jumlah uang sangat relatif bagi masing-masing orang.

Sebagian besar orang memfokuskan diri pada kesuksesan yang telah dicapai oleh orang lain. Dan mereka membayangkan bahwa untuk mencapai kesuksesan tersebut membutuhkan modal besar. Oarng-orang seperti ini biasanya jarang membaca biografi orang sukses. Mereka tidak tahu bagaimana jerih payah orang-orang sukses dalam meraih impiannya. Yang mereka tahu hanya kesuksesannya saat ini. Padahal, sebagian besar orang-orang sukses memulai usahanya dari modal kecil, tanpa modal, atau bahkan ‘ngutang’

Uang yang Anda miliki saat ini adalah modal sukses Anda. Manfaatkan dengan baik uang tersebut untuk membantu kesuksesan Anda di masa yang akan datang. Beberapa langkah bijak dalam memanfaatkan uang untuk meraih sukses antara lain :

  • menginvestasikan yang Anda untuk pembelajaran hal-hal yang bisa membantu Anda meraih sukses. Misalnya : membeli buku, mengikuti seminar bisnis, dll

  • menabungkan uang sebagai dana cadangan hidup beberapa bulan

  • menabungkan uang sebagai persiapan modal usaha yang ingin dijalankan

  • dll

  1. Modal Tenaga

Kata Bob Sadino :” Ayam saja yang dikasih Tuhan kaki dan paruh bisa hidup, masak manusia tidak bisa ?”. Dengan kata lain, mestinya kita malu sama ayam jika tidak bisa sukses dalam kehidupan ini. Terlebih kita memiliki otak super canggih yang tidak dimiliki oleh ayam

Anda memiliki tenaga (energi) untuk melakukan tindakan-tindakan meraih sukses. Orang-orang pecundang adalah mereka yang malas dalam hidup ini. Para pecundang sebenarnya menginginkan kesuksesan, namun mereka tidak bersedia membayar kesuksesan dengan bekerja keras. Sehingga mereka selalu berkubang dengan kegagalan

Manfaatkan tenaga Anda untuk bekerja keras meraih kesuksesan. Kesuksesan tidak datang dengan sendirinya. Kesuksesan harus diupayakan. Anda harus membayar harga sebuah kesuksesan itu. Harga sebuah kesuksesan harus Anda bayar dimuka. Dan harga kesuksesan salah satunya adalah bekerja keras

Itulah 4 modal sukses yang sudah Anda miliki saat ini. Manfaatkanlah modal-modal tersebut dengan sebaik-baiknya. Semoga Anda sukses

Bagaimana pendapat Anda ?


sumber //alarief.com

10/21/2009

Peluang Usaha Toko Online

Diposting oleh JAKDES DISTRO CLOTHING |

Tahun 2008 ini, saya yakin pemanfaatan media internet di Indonesia untuk pemasaran produk akan semakin meningkat. Selain karena jumlah mereka yang ‘melek’ internet meningkat, juga karena banyaknya media dan wadah pembelajaran online marketing. Ebook-ebook tentang bisnis internet semakin banyak. Kursus-kursus pemasaran internet bermunculan. Belum lagi liputan media massa terhadap pelaku bisnis berbasis online. Saya sendiri dan tim saya pernah diliput Majalah SWA, Majalah Pengusaha, Majalah DUIT, Majalah Bisnis Kita, Tabloid Kontan, Koran Malang Post, dll

Peluang usaha Toko Online adalah salah satu peluang usaha yang bisa Anda coba. Toko online yang saya maksud alah website yang digunakan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan produknya. Produk bisa berupa barang atau jasa. Tapi, di tulisan ini saya ingin lebih fokus pada produk barang.

Bagaimana agar sukses di usaha toko online ?

Berapa banyak toko online di Indonesia yang pernah Anda lihat ? Berapa diantara mereka yang sukses ? Tidak semua sukses bukan ?

Kunci Sukses Membangun Toko Online

1. Membangun Tim

Ingin seberapa besarkah toko online Anda, bangunlah tim yang sesuai. Jika bermodal kuat, rekrutlah orang-orang yang berkompeten. Jika sudah beristri, Anda bisa menjadikan istri sebagai tim Anda. Orang-orang dekat Anda (saudara) juga bisa menjadi tim Anda. Memberikan pekerjaan kepada orang dekat bisa menjadi kekuatan spiritual yang membuat Anda sukses
Jika tidak memungkinkan membangun tim, mulailah seorang diri. Anda bisa merangkak dari bawah hingga Anda mampu dan siap merekrut tim yang tangguh

Tanpa tim, usaha kita tidak akan berkembang dan bertahan lama

2. Membuat Website yang Menjual

Website adalah pilar utama promosi Toko Online. Anda harus punya website sendiri. Bukan web gratisan. Sebaiknya berakhiran .com atau .net, karena ini yang sudah populer di masyarakat. Toh, biaya tahunan domain hosting hanya Rp 200.000
Website Anda harus bisa ‘menjual’. Artinya website Anda tersebut harus bisa mewakili Anda untuk menjadi sales yang memikat bagi pembeli. Website Anda harus bisa meyakinkan pengunjung bahwa Anda layak diajak bertransaksi. Cantumkan alamat jelas dan no telp yang mudah dihubungi. Cantumkan foto-foto produk dan foto-foto lain yang membuat pengunjung semakin percaya dengan Anda

Website Anda harus terindek di search engine, dan mudah ditemukan untuk keyword yang berhubungan dengan produk Anda. Gunakan script toko online yang search engine friendly.Tidak semua script toko online ramah dengan search engine. Karena itu, saya lebih suka menggunakan blog untuk jualan online daripada script yang tidak ramah dengan mesin pencari. Dan saya rasa blog cocok bagi pemula. Apalagi untuk produk-produk yang harganya mahal dan tidak bisa order online secara langsung. Bisa juga blog menjadi web pendukung bagi toko online Anda


3. Promosi Tepat

Siapa calon konsumen Anda ? Dimanakah Anda akan menemukan mereka ? Cara cepat dan tepat menemukan konsumen adalah dari search engine (google, yahoo, dll). Disinilah pentingnya SEO (search engine optimization)

Promosi yang lain adalah di iklan baris, iklan di web yang banyak pengunjungnya, PPC ataupun komunitas online. Tentu saja harus kembali lagi “Siapa Calon Konsumen Anda”


4. Pelayanan

Lakukan pelayanan yang baik. Kecepatan pelayanan salah satu kunci utama. Bermitralah dengan jasa pengiriman barang terpercaya. Garansi produk juga penting. Jika usaha Anda bertambah besar, bentuklah tim yang tangguh.

5. Mental Wirausahawan Sukses

Usaha toko online adalah sama dengan usaha lainnya. Miliki mental wirausahaan yang sukses, antara lain :

  • Pantang menyerah. Di bisnis apapun, kendala pasti ada.
  • Sabar. Produk Anda mungkin laku di hari pertama, mungkin juga di tahun pertama
  • Berani menghadapi resiko. Resiko pasti ada. Tinggal bagaimana kita menghadapinya
  • Selalu mencari peluang. Boleh jadi bisnis pertama Anda gagal. Tapi itu bukan akhir segalanya, kan ? Peluang usaha toko online masih banyak. Silahkan cari peluang yang sesuai dengan Anda

6. Belajar Seperlunya.

Peran seperti apa yang Anda inginkan di toko online Anda ? Itulah yang harus Anda pelajari. Anda tidak harus mempelajari semuanya.

Misalnya, Anda ingin memasarkan produk. Yang perlu Anda pelajari internet marketing dan dasar-dasar membuat web/blog (tidak harus ahli html). Bidang-bidang lain, bisa Anda serahkan ke tim Anda (produksi barang,pengiriman,promosi offline, dll)

7. Berbuat Baik dan Beramal

Perbuatan baik dan infaq-shodaqoh-zakat berbanding lurus dengan profit usaha Anda. Hal ini telah ditegaskan di Kitab Suci. Uang yang kita ‘keluarkan’ akan dibalas puluhan, bahkan ratusan kali lipat. Bisa hari itu juga, tahun depan atau minimal di akhirat. Saya sendiri sudah membuktikan hal ini. Dan ini berlaku untuk semua bisnis.
Nah… Itulah tips dari saya. Ini berdasarkan pengalaman pribadi lho.

Lalu, sebenarnya berapa sih potensi penghasilan peluang usaha toko online ini ? Wah, kalau yang ini tergantung produk, penjualan dan bagaimana Anda mengembangkan bisnis tersebut. Bagi Anda yang sudah berbisnis online, pasti sudah bisa memperkirakan. Bagi Anda yang belum bisnis online, percaya saja bahwa potensinya di luar perkiraan Anda saat ini


10/20/2009

Seni Memengaruhi Orang dengan Tawa

Diposting oleh JAKDES DISTRO CLOTHING |



Ada banyak cara memengaruhi seseorang. Dale Carnegie, penulis buku klasik How to Win Friends and Influence People (1936), merumuskan 30 cara atau teknik untuk menjadi pribadi yang disukai, rekan kerja yang menyenangkan, dan pemimpin yang efektif.

Ke-30 teknik human relations-nya Dale Carnegie bisa dibedakan dalam tiga kategori. Kategori pertama untuk mendapatkan teman, yang memuat 9 cara agar mudah disenangi orang lain. Mulai dari anjuran menghindari kebiasaan menyalahkan, mengomeli, dan mengkritik; berikan penghargaan kepada orang lain; beri dorongan untuk maju; berikan perhatian yang tulus ikhlas; tersenyumlah; sebutkan nama lawan bicara; jadilah pendengar yang baik; bicarakan hal yang diminati orang lain; sampai buatlah orang merasa sebagai very important person (VIP).

Kategori kedua untuk mendapatkan kerjasama antusias dari rekan kerja, berisi 12 cara. Mulai dari anjuran untuk menghindari debat kusir; hormatilah pendapat orang lain; kalau salah akui dengan simpatik; mulailah dengan ramah; upayakan respons ya, ya, dan ya; biarkan orang lain berbicara lebih banyak; buat orang merasa bahwa itu idenya; cobalah melihat dari sudut pandang orang lain; tunjukkan simpati para ide orang lain; himbau dengan motivasi agung dan mulia; dramatisir ide-ide Anda; sampai berilah tantangan untuk maju.

Dan kategori ketiga, berisi 9 cara menjalankan peran sebagai pemimpin yang menghargai manusia. Mulai dengan penghargaan yang jujur; beritahu kesalahan orang secara tidak langsung; akui kesalahan sendiri sebelum mengkritik oang; ajukan pertanyaan sebagai ganti perintah langsung; selamatkan muka orang; pujilah kemajuan sekecil apapun; beri reputasi tinggi untuk dicapai; buatlah kesalahan nampak mudah diperbaiki; sampai buatlah orang lain senang melaksanakan ide Anda.

Selama kurang lebih 8 tahun (1990-1998), saya mengajarkan teknik-teknik Dale Carnegie tersebut kepada banyak orang. Dan sebagian besar teknik itu terbukti efektif, meski ada saja pihak yang menganggap pendekatan yang demikian sifatnya manipulatif.

Belakangan, ketika saya membaca soal-soal mengenai manfaat tertawa, saya tiba-tiba menyadari bahwa sebenarnya cara yang paling jitu dan paling efektif untuk memengaruhi orang lain adalah dengan membuatnya tertawa bersama kita. Membuat orang tertawa bersama Anda, itulah cara paling jitu untuk masuk ke dalam hati dan memengaruhi siapapun yang ingin Anda pengaruhi.

Seorang anak yang bisa membuat orangtuanya tertawa, akan mudah meminta dibelikan sesuatu. Seorang wiraniaga yang mudah membuat prospeknya tertawa akan bisa menawarkan produknya. Seorang pengajar sekolah yang bisa membuat muridnya sering tertawa akan disukai pelajarannya. Seorang lelaki yang mudah membuat perempuan tertawa akan lebih disukai dan dirindukan. Seorang perempuan yang mudah membuat lelaki tertawa, akan dimudahkan mendapat apapun yang ia inginkan. Seorang atasan yang membuat tertawa bawahannya akan dianggap ramah dan menyenangkan. Seorang bawahan yang pandai membuat atasannya tertawa, akan sering diingat dan dipromosikan (kalau kerjanya beres, tentu). Singkatnya, kemampuan untuk membuat orang lain tertawa bersama kita, dapat menjadi suatu keunggulan kompetitif dalam karier dan kehidupan.

Buku ini membantu Anda, pembaca, untuk mengembangkan kemampuan melahirkan tawa-ria di manapun Anda berada. Tidak kurang dari 150 fakta, data, dan hasil penelitian para ahli yang dimuat dalam buku ini. Semuanya menunjukkan betapa besarnya manfaat tawa dalam karier dan kehidupan seseorang. Dampaknya bagi kesehatan, sungguh amat luar biasa. Namun dampaknya bagi kesehatan hubungan antara manusia tak kalah dahsyat.

Bukan itu saja, buku ini juga memuat lebih dari 150 cerita lucu yang bisa Anda pilih untuk Anda manfaatkan dalam meningkatkan kecerdasan humor Anda. Banyaknya pilihan akan menolong Anda menemukan yang cocok bin sesuai dengan kepribadian Anda yang unik. Dengan kata lain, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk nampak lucu sehingga malah bisa jadi aneh. Anda hanya perlu memanfaatkan cerita-cerita yang pas di hati, tidak melenceng dari kecenderungan pribadi Anda sendiri.

Jadi, jika Anda ingin memengaruhi seseorang, mulailah dengan memikirkan bagaimana membuatnya tertawa SEBELUM Anda melakukan hal lainnya. Hafalkanlah sejumlah fakta positif mengenai manfaat tawa dan siapkanlah sejumlah cerita lucu untuk MEMULAI percakapan. Lalu perhatikan apa yang terjadi. Itulah cara pertama.

Cara kedua, buatlah orang yang ingin Anda pengaruhi tertawa KETIKA sedang berinteraksi dengan Anda. Manfaatkan beberapa cerita lucu untuk memplesetkan pikirannya yang terlalu serius, sehingga tercipta suasana yang lebih santai untuk berkomunikasi secara efektif. Lalu perhatikan apa yang terjadi untuk menentukan langkah berikutnya.

Cara ketiga, pikirkanlah untuk memanfaatkan sejumlah cerita lucu di AKHIR pembicaraan Anda, yakni menjelang pengambilan keputusan tertentu. Orang yang tertawa akan lebih mudah membuat keputusan dibanding orang yang merasa tegang. Coba dan perhatikan apa yang terjadi dengan cara ini.

Secara lebih luas, buku ini akan berguna bagi orangtua maupun anak-anak yang ingin meningkatkan jumlah tawa di rumah; bagi atasan maupun bawahan yang ingin membuat kantornya lebih dimeriahkan oleh tawa; bagi para pengajar dan trainer yang ingin kelasnya lebih hidup dan mengesankan; bagi orang-orang yang sering merasa stress agar menjadi lebih rileks untuk beberapa waktu; dan bagi siapa saja yang sadar bahwa karier dan kehidupannya pasti akan menjadi jauh lebih menarik dan menyenangkan kalau ia bisa tertawa dan melahirkan lebih banyak tawa di lingkungannya.

Sangat dianjurkan untuk membawa buku ini kemanapun Anda pergi, sehingga bisa selalu Anda intip lagi sejenak menjelang ketemu klien; sebelum ketemu atasan atau bawahan; waktu akan ketemu suami atau istri atau pacar; serta ketemu orang yang ingin Anda pengaruhi dengan gagasan, produk, tawaran, proposal, nasihat tertentu.

Akhirnya, ingatlah bahwa buku ini ditulis dengan asumsi utama: tertawa akan membuka pintu logika (pikiran), membentangkan pintu emosi (perasaan), dan menerobos pintu imajinasi (kemauan) orang lain untuk siap menerima pengaruh Anda. Buatlah ia tertawa, dan pengaruhilah dia untuk hal yang baik dan positif.

Salam huahahahahaha,

Sumber : Andrias Harefa

10/20/2009

Boncengan Anak, Amankah?

Diposting oleh JAKDES DISTRO CLOTHING |


helmiat bonceng bocah

Di sebuah parkiran mata saya tertumbuk pada jok belakang motor bebek. Ada bangku kecil dengan safety belt terpasang. Saya langsung ingat sebuah produk boncengan anak dengan merek Helmiat. Benar, setelah saya dekati kursi kecil itu bermerek Helmiat. Sebuah boncengan anak yang diproduksi Ibu Iat di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

helmiat bonceng bocah (1)

Mei 2008 silam, saya pernah ngobrol dengan Ibu Roihatul Jannah yang akrab disapa Iat ini melalui email. Keperluannya untuk penulisan artikel kewirausahaan. Saat itu, melalui email, dia bercerita, usahanya bermula pada 2007 ketika dia merasa kesulitan mengantar anaknya yang masih kecil ke sekolah.

helmiat bonceng bocah (4)

Setelah mencari kesana kemari tak ada boncengan khusus anak di sepeda motor, akhirnya Ibu Iat membuatnya sendiri. Jadilah sebuah boncengan anak yang diberi nama Helmiat yang merupakan akronim nama suami, Helmi, dan dirinya. Modal awalnya saat itu Rp 1 juta. Dalam sebulan suami istri ini dapat memproduksi sekitar 300 unit dengan penjualan sebagian besar di Pulau Jawa.

Ada empat model yang ditawarkan, standar, luxy, ross, dan ross non-picture. Harganya antara Rp 300 ribu hingga Rp 350 ribu. Industri skala kecil ini sudah mendapat hak paten dan menjadi salah satu pemenang Shell LiveWire Bussiness Start Up Award 2008.

helmiat bonceng bocah (7)

Produk ini diklaim pembuatnya safety untuk anak-anak, karena sudah dilengkapi seat belt. Sepertinya lebih “aman dan nyaman” dibandingkan si kecil berada di depan (tameng angin) atau membonceng biasa.

Namun, menurut saya, rasanya kok rada berbahaya “mengikat” anak di boncengan. Soalnya, jika motor jatuh si bocah akan ikut terseret bersama motornya. Berbeda dengan mobil yang driver dan penumpangnya wajib menggunakan safety belt agar tidak terpental saat terjadi benturan kecelakaan. Menurut brother sekalian amankah boncengan anak ini?

Diposting oleh JAKDES DISTRO CLOTHING |

Peyewaan Peralatan Bayi

Setiap orang tua pasti menyambut gembira kelahiran si buah hati, di jaman dahulu semasa orang mempunyai anak banyak, perlengkapan bayi bisa di turunkan ke adik-adiknya. Namun sekarang dengan model keluarga kecil, alternatif sewa bisa menjadi pilihan selain membeli, berikut artikel mengeni bisnis persewaan alat bayi yang diambil dari majalahpengusaha.com.

Rasanya ada berjuta barang yang harus disiapkan untuk menyambut kedatangan si buah hati. Segala pernak-pernik yang tersedia di toko khusus perlengkapan bayi menjadi wajib untuk dibeli. Ditambah, bentuk serta warna lucu memiliki daya antusias tersendiri bagi para ibu baru tersebut.
Besarnya rasa kasih sayang untuk memberikan pelayanan terbaik terkadang tidak diimbangi dengan tingkat pemanfaatan perlengkapan bayi pada masa mendatang. Seiring bertambahnya usia anak maka barang-barang tersebut pun tak terpakai. Bahkan tak jarang hanya bertumpuk di gudang hingga berdebu dan usang.

Fenomena di atas menginspirasikan Tedriya untuk memanfaatkan peluang. Perempuan yang akrab disapa Ia ini membuka jasa rental perlengkapan bayi, bisnis yang tergolong baru. “Usaha penyewaan perlengkapan bayi ini berjalan baru tiga bulan tetapi untuk publikasinya dilakukan awal tahun 2007 melalui berbagai iklan di surat kabar maupun selebaran brosur,” ujarnya.

Ini bermula dari pengalaman pribadi ketika melahirkan putra pertamanya bernama Al Khrisna Naufalisdzaki. Ia membeli semua perlengkapan bayi seperti pakaian, tempat tidur, bantal dan guling, sampai baby walker, baby troller, dan kelambu dengan asumsi dapat disimpan dan digunakan kembali untuk anak selanjutnya atau dihibahkan ke orang lain. Namun kenyataanya justru jadi barang rongsokan di gudang.
Wah, pokoknya barang-barang tersebut numpuk di gudang. Memang bisa digunakan lagi lain waktu. Tapi, males juga membersihkan benda kotor dan penuh debu,” akunya.
Ia menambahkan, seringnya mendengar beberapa ibu mengeluh dengan harga perlengkapan bayi yang tergolong mahal namun hanya dapat digunakan sekali saja menguatkan keinginannya untuk menekuni rental perlengkapan bayi dengan serius.

Usaha yang diberi nama Baby’s World ini, menyediakan sewa berupa perlengkapan bayi antara lain tempat tidur bayi, baby walker, baby troller, kelambu dan lainnya. Usaha yang dimulai dengan modal Rp 10 juta.

Dimulai pelanggan pertama pada 27 Januari 2007, Baby’s World yang terletak di Jl. Raya Pondok Duta, Depok ini sudah memiliki 34 pelanggan. Tak hanya sebatas wilayah Depok saja tapi sudah melanglang hingga Bintaro, Pondok Aren, Pluit, Ciledug bahkan Tangerang. “Terkadang saya sedikit kesulitan untuk jasa antar. Saya hanya bisa mengantar barang pada hari Sabtu dan Minggu,” kata perempuan berusia 27 tahun ini. Ia pun membuat ketentuan untuk penyewaan perlengkapan bayi di rentalnya. “Minimal lamanya penyewaan adalah satu bulan,” tandasnya. Kemudian ditambah persyaratan lain berupa kelengkapan fotocopy kartu keluarga, KTP dan rekening listrik atau telepon.
“Maklum, sekarang banyak status kepemilikan rumah sifatnya sewa. Jadi, ini untuk mengantisipasi terjadinya penipuan data yang nantinya dapat berdampak kerugian bagi usaha ini,” terang Ia.

Selain itu, Ia menetapkan setiap penyewa yang ingin meminjam perlengkapan bayi harus datang langsung ke rentalnya. Tak hanya itu, tingkat profesionalisme menjalankan usahanya dilampirkan surat perjanjian sewa-menyewa antara kedua belah pihak. “Sehingga jelas aturan-aturan yang menjadi hak dan kewajiban kedua belah fihak,” jelas lulusan Fakultas Ilmu Komputer Gunadarma ini.

Sedangkan untuk patokan harga sewa selama masa promosi hingga November mendatang untuk tempat tidur bayi dimulai antara Rp. 1000,- hingga Rp. 2500,- lengkap dengan kasur, bantal, guling dan kelambu. Sewa baby walker Rp. 10.000,- per bulan, dan baby troller Rp. 15.000,- per bulan.
Namun, harga akan kembali normal setelah masa promosi habis. Adapun perincian harga yang ditawarkan untuk sewa tempat tidur plus kasur, bantal, guling dan kelambu tetap sama. Berbeda dengan sewa baby walker mencapai Rp. 12.500,- per bulan dan baby troller seharga Rp. 20.000,- per bulan.

Bagaimana solusi yang ditawarkan bila terjadi kerusakan barang yang dilakukan si penyewa? “Penyewa akan dikenakan tambahan biaya jika barang yang disewa terjadi kerusakan maupun noda permanen. Biasanya untuk noda permanen, saya meminta ganti rugi sebesar Rp.30.000,-. Lalu, dari biaya tersebut dialokasikan untuk pembersihan ke laundry,” jelasnya.
Ia pun mengungkapkan teknik merawat perlengkapan bayi yang disewakan. “Saya membersihkannya setiap hari, meski pun sudah ditutupi dengan plastik transparan. Hal ini penting untuk memberikan pelayanan terbaik bagi penyewa,” ungkap Ia serius. Tak hanya itu, Ia pun sering menyarankan kepada penyewa agar peralatan-peralatan yang dipinjam terlebih dahulu dijemur di tempat panas. “Ini untuk mengurangi kelembaban barang sehingga mengecilkan kemungkinan timbulnya jamur dan bakteri,” imbuhnya.

Ketentuan Rental Baby’s World
1. Tempat Tidur Bayi (selanjutnya disingkat TTB), Kasur Bayi, Kelambu, Baby Walker, Baby
Trolley
harus dikembalikan dalam keadaan baik.
2. Pelanggan wajib mengganti jika terjadi kerusakan dengan harga : TTB Besar 700 ribu, TTB
Oval 550 ribu, TTB Kayu 600 ribu, TTB Rotan/Besi 350 ribu. Sedangkan untuk Kasur Bayi 200
ribu, Baby Walker 250 ribu, Baby Trolley 400 ribu dan Kelambu 150 ribu.
3. TTB, Kasur Bayi, Kelambu, Baby Walker, Baby Trolley tidak diizinkan untuk dioper kepada
orang lain.
4. Keterlambatan dikembalikannya TTB, Kasur Bayi, Kelambu, Baby Walker, Baby Trolley akan
dikenakan denda sebesar jumlah sewa hariannya.
5. Biaya kirim akan dikenakan kepada penyewa minimal Rp 25 ribu (tergantung daerah antar).

[MajalahPengusaha]


Reparasi Kacamata


Saya adalah pengguna kacamata, dalam setahun pasti terjadi kerusakan kacamata, entah framenya patah atau lensanya pecah. Selama ini jika terjadi kerusakan saya selalu punya kacamata serep, jika serepnya juga rusak terpaksa datang ke optik untuk bikin kacamata baru atau cukup mengganti lensa-nya jika frame-nya masih bisa dipakai. Sangat jarang optik yang mau melakukan reparasi, biasanya mereka menyarankan bikin baru.
Hal ini tentunya merupakan peluang bisnis yang bisa dimanfaatnak oleh mereka yang mempunyai keahlian di bidang optik. Berikut ini tulisan tentang peluang bisnis Reparasi Kacamata yang dilengkapi dengan proyeksi keuntungan bisnisnya yang saya ambil dari Bisnisukm.com

Jika Anda pengguna kacamata dan mengalami kerusakan pada kacamata Anda, kemanakah Anda akan membawanya? Jawabannya tentulah ke tempat reparasi kacamata. Selain optik besar yang bisa untuk didatangi, ada juga usaha reparasi kecil yang bisa didatangi.

Kami berhasil menemui Bu Tutik, begitu namanya sering dipanggil, pemilik usaha reparasi kacamata yang meneruskan usaha rintisan ayahnya. Produk & jasa yang ditawarkan oleh Bu Tutik adalah reparasi kacamata, penjualan kacamata dan lensa kacamata. Dari ketiga produk tersebut, jasa reparasi inilah yang merupakan keunggulan utama usahanya.

Pengalaman selama lebih dari 25 tahun membuat hampir semua kerusakan kacamata dapat ditangani olehnya. Walaupun demikian, ada beberapa hal yang sulit dalam pengerjaannya, terutama jika menyangkut penyetelan frame yang lama, frame tersebut gampang sekali patah (getas).

Selain itu, kesulitan yang lainnya adalah jika ada pelanggan yang meminta memotong kaca lama karena ingin ganti frame. Mengapa demikian? Karena menurut Bu Tutik memotong kaca yang belum jadi jauh lebih gampang dibandingkan dengan memotong kaca lama.

Showroom Kecil

Awalnya Bu Tutik menyewa sebuah tempat kecil di pinggir jalan untuk menjalankan usahanya. Setelah usahanya banyak dikenal orang, ia memberanikan diri menggunakan sebagian rumahnya digunakan sebagai showroom kecil untuk menampung beberapa produknya.

Showroom ini juga memudahkan ia untuk menata alat-alat penting yang digunakan untuk mereparasi kacamata seperti tang potong, lampu, obeng, penggosok kaca, pemotong kaca, alat KIR dan lenso, yakni alat untuk melihat ukuran min plus suatu kaca.

Kebanyakan pengguna jasanya adalah para orang tua, orang-orang yang sudah bekerja dan berumur lebih dari 30 tahun. Rata-rata pelanggan langsung datang ke showroom jika mengalami kerusakan pada kacamatanya.

Pembayaran dilakukan setelah reparasi selesai. Biasanya untuk layanan jasa ini berkisar antara 5 ribu sampai dengan 25 ribu, bergantung dari jenis kerusakan. Sedangkan untuk penjualan frame kacamata, harga yang dipatok berkisar antara 60 ribu sampai 400 ribu rupiah.

Namun menurut pengakuannya, frame yang paling banyak diminati oleh pelanggannya adalah frame yang harganya berkisar antara 150 ribu sampai 250 ribu.

Simulasi Keuntungan 1 bulan
Pemasukan
Omset Jasa Reparasi : = Rp 1.500.000,00
Penjualan frame : 15 frame x Rp 100.000,00 = Rp 1.500.000,00
Total pemasukan : = Rp 3.000.000,00

Pengeluaran
Bahan baku : 15 x Rp 80.000,00 = Rp 1.200.000,00
Administrasi, Listrik dan Telepon: = Rp 60.000,00
Gaji Pegawai : = Rp. 500.000,00
Total pengeluaran : = Rp 1.760.000,00

Keuntungan bersih
Rp 3.000.000,00 – Rp 1.760.000,00 = Rp 1.240.000,00


Rencana Bisnis Laundry Kiloan


Di kota kelahiran saya Yogyakarta, bisnis luandry kiloan sudah sangat marak, mungkin karena status yogyakarta sebagai kota pelajar sehingga banyak mahasiswa atau pelajar yang kost disana dan memunculkan peluang bisnis landry kilkoan yang murah meriah dan bersih dibanding dengan bisnis laundry konvenisonal yag relatif mahal untuk ukuran kantong palajar.

Salah satu contoh sukses laudry kiloan adalah Benresik yang dapat dilihat di http://www.benresik.com yang berlokasi di sekitar kampus UPN Babarsari.

berikut ini contoh referensi bisnis plan untuk membuat laundry kiloan yang saya ambil dari http://kartikasari08.wordpress.com

Bisnis laundry merupakan bisnis yang mengandalkan jasa. Sehingga sangat penting untuk berorientasi pada kepuasan pelanggan. Mendapatkan pelanggan yang loyal merupakan suatu keberhasilan bagi bisnis ini .

Perlu untuk di ketahui fundamental dari bisnis ini secara professional. Apa saja jasa yang akan diberikan, siapa saja target customernya, siapa saja yang menjadi pemilik, berapa biaya yang dibutuhkan.

Produk dan jasa :

  • Jasa cuci
  • Jasa cuci & kering
  • Jasa Cuci, kering, & setrika
  • Layanan antar jemput

Nilai tambah yang bisa diberikan:

  • Menggunakan sabun bermutu baik
  • pewangi pakaian tahan lama
  • hasil cucian bersih, pemisahan baju putih dan berwarna
  • cucian tidak dicampur dengan orang lain
  • control terhadap kepemilikan baju yang baik, sehingga tidak ada baju yang hilang
  • Perawatan warna baju yang baik
  • Discount untuk pelanggan
  • Discount untuk 10 kali cuci.

MARKETING PLAN

Perlu untuk dilakukan survey kecil-kecilan terhadap pangsa pasarnya seperti profesi penduduk disekitar lokasi, umur, penghasilan rata-rata, pendidikan, karakteristik konsumen.

Survey bisa dilakukan secara langsung dan juga berdasar data-data sekunder untuk melihat seberapa besar pangsa pasar bisnis ini, dan mencari kemungkinan untuk di kembangkan.

Bisnis ini paling baik berlokasi yang dekat dengan kos-kosan mahasiswa, rumah sewa karyawan/ karyawati, salon, juga perumahan.

Buat juga apa saja yang menjadi competitor untuk bisnis ini misal jasa cuci bulanan, laundry & dry clean. Buatlah list competitor, selanjutnya analisis kelebihan dan kekurangannya. Dari hasil tersebut dapat dijadikan dasar untuk bersaing yang baik.

Selanjutnya perencanaan promosi bisnis agar orang-orang tau ini loh jasa yang bisa kita berikan. Misal dengan membuat leaflet, pamflet, promosi dari mulut ke mulut, spanduk, radio, arisan,. Tetapkan juga nominal budget promosi, seberapa sering dan cara yang paling efektif untuk menunjang bisnis secara konsisten.

PRICING STRATEGY

Perlu juga diamati apakah pangsa pasar yang ada berorientasi pada kualitas produk atau pada harga. Bandingkan pula dengan harga kompetitor.

Penetapan harga yang terlalu rendah belum tentu baik, karena tidak semua orang perduli dengan harga yang murah selain itu keuntungan menjadi sangat tipis. Salah salah malah dibilang murahan. Lebih baik memberikan harga rata-rata dengan kualitas baik.

OPERATIONAL PLAN

Buatlah Prosedur tetap:

  • Pencucian pakaian mulai dari takaran sabun, pewangi, pengendalian kepemilikan baju, pembungkusan.
  • Pencucian boneka, bedcover dll.
  • Kartu Langganan

Susunlah peralatan-peralatan dengan efektif dan seefisien mungkin, untuk menghemat waktu pengerjaan, nyaman dan enak dipandang.

Rincikan kebutuhan peralatan dan bahan penunjang seperti mesin cuci, timbangan, pengering, setrika, listrik yang menunjang, telepon, dan bahan habis pakai lainnya.

Tetapkan kebutuhan minimal bahan habis pakai sebelum memesan kembali ke supplier.

Rekrutlah karyawan yang kompeten serta berikan pelatihan yang memadai. Karyawan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis. Rancanglah system penggajian yang adil dan sesuai dengan beban kerja. Berikan bonus jika omset meningkat, karena hal ini dapat meningkatkan semangat kerja karyawan untuk memberikan yang terbaik.

Carilah supplier terbaik yang dapat diandalkan untuk menunjang kelancaran bisnis, terus menerus melakukan improvement disisi supplier merupakan suatu keuntungan.

BEGINNING FINANCIAL REPORT

Neraca digunakan untuk melihat kondisi kekayaan perusahaan pada tanggal neraca.

Pentingnya membuat neraca awal agar dapat dibandingkan dengan kondisi yang akan datang. Untuk mengetahui perubahan struktur kekayaan perusahaan.

Neraca

Aktiva = Pasiva

AKTIVA PASIVA
Aktiva Lancar
Utang
Kas xx Utang jangka pendek xx
Bank xx Utang jangka panjang xx
Sediaan Barang xx

Piutang Usaha xx

Total Aktiva Lancar A Total Utang C




Aktiva Tetap
Modal
Peralatan xx Modal A xx
Kendaraan xx Modal B xx
Gedung xx

Tanah xx

Total Aktiva Tetap B Total Modal D




Total Aktiva A+B Total Pasiva C+D

Laporan Laba Rugi fungsinya untuk mengetahui besarnya laba/ rugi yang diperoleh dari suatu bisnis, biasanya laporan ini dibuat bulanan.

Format Laporan Laba Rugi :

Pendapatan:

Penjualan kotor

Harga Pokok Penjualan

Penjualan Bersih

Pendapatan lain-lain

xx

(xx)+

xx

xx +

Total Pendapatan

A

Pengeluaran:

  • Biaya Gaji
  • Biaya sewa
  • Tenaga kerja tidak langsung
  • ATK
  • Maintenance
  • Promosi
  • Sewa kendaraan
  • Sewa tempat
  • Telepon
  • Perlengkapan
  • Asuransi
  • Pajak
  • Depresiasi
  • Cicilan
  • Bunga
  • Biaya lain-lain

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx +

Total Pengeluaran

B

Laba/Rugi

A-B



Membuat estimasi laporan laba rugi dalam 1 tahun dapat dijadikan target pencapaian bisnis.

BREAK EVEN POINT

Break Even Point merupakan estimasi kasar untuk menghitung berapa lama modal yang dikeluarkan akan kembali.

Rumus nya:

Total Pendapatan = Total Pengeluaran

(Harga Jual x Qty) = (Biaya tetap + biaya variabel)

Estimasi dalam 1 bulan:

Qty = 10 kg x 30 hari = 300 kg

Harga = 300 kg x Rp 5000 = Rp 1.500.000

Biaya Variabel = Rp 1.000.000

Biaya Tetap = Rp 15.000.000

Estimasi BEP

= Total Biaya Tetap / (Penjualan – Biaya Variabel)

= Rp 15.000.000 / (1.500.000 – Rp 1.000.000)

= 30 bulan atau 2 tahun 4 bulan

Biaya Variabel merupakan biaya yang bertambah jika kuantitas penjualan atas suatu produk bertambah.

Contoh biaya variabel pada bisnis laundry:

  • - Sabun
  • - Pewangi
  • - Tenaga kerja langsung
  • - Pembungkusan

Biaya Tetap merupakan biaya yang tetap dan tidak terpengaruh dengan kuantitas penjualan atas suatu produk.

Contoh biaya tetap pada bisnis laundry:

  • - Peralatan
  • - Tenaga kerja tidak langsung
  • - ATK
  • - Maintenance
  • - Promosi
  • - Sewa kendaraan
  • - Sewa tempat
  • - Telepon
  • - Perlengkapan
  • - Asuransi
  • - Pajak
  • - Depresiasi
  • - Biaya lain-lain
  • - Cicilan
  • - Bunga

Pengembang aplikasi BlackBerry


Menjadi pengembang aplikasi handphone belum banyak ditekuni pengusaha IT atau freelancer di Indonesia, iPhone dan BlackBerry membuka kesempatan bagi para pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi di platform mereka, satu aplikasi biasa dijual dengan harga dari 5 hingga 20 USD, bayangkan berapa dollar masuk ke rekening anda jika tiap hari ada 1000 orang yang membeli aplikasi bikinan anda.

Berikut ini kisah sukses Kemal Arsyad yang sudah dimuat di Kontan dan Kompas.com

Kompas.com : Bangkit dari masa lalu yang kelam. Begitulah tekad yang dijalankan Kemal Arsjad hingga sukses mendirikan Better-B, perusahaan pembuat aplikasi telepon seluler BlackBerry.

Sekalipun lahir dari keluarga yang mapan dan kuliah di Universitas Pelita Harapan (UPH) yang mahal, Kemal harus menjalani masa muda yang kelabu.

Sembari kuliah di Jurusan Marketing UPH, pada 1994, Kemal menjalankan bisnisnya, mengelola gokart off road dan berbagai event organizer di Bukit Sentul. Bisnisnya lumayan sukses. Tapi, sayang, Kemal terjerumus dalam dunia obat-obatan terlarang. Alhasil, kuliahnya pun molor tujuh tahun dan hampir drop out (DO).

Bukan itu saja. Duitnya nyaris habis. “Pada tahun 2000, saya bangkrut dan sempat tidak punya apa-apa lagi,” kenang Kemal. Untungnya, ia bisa lulus kuliah pada 2001.

Biarpun sudah bangkrut, Kemal masih belum putus asa. Ia ingin membangun kembali bisnisnya. Hanya, pintu jaringan sudah tertutup baginya. “Cap anak bengal sudah melekat. Kala itu benar-benar saya terpuruk,” kenang Kemal, pahit.

Kemal lalu memutuskan untuk menjalani rehabilitasi di sebuah pondok pesantren. “Saya mulai menyadari kesalahan,” ujar Kemal, sembari senyum.

Setelah lulus kuliah pada 2001, Kemal sempat kerja di Elnusa. Saat bertugas ke Dumai, Riau, kepekaan sosial Kemal disentil. Ia melihat masyarakat Dumai tidak banyak menikmati kekayaan minyak di tanah mereka sendiri. Melihat kondisi itu, Kemal termotivasi untuk bangkit dan menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Ia pun memberanikan diri keluar dari pekerjaannya.

Titik balik kehidupan Kemal lahir dari sebuah ketidaksengajaan. Karena sangat menggemari gadget, Kemal tertarik untuk menjalankan bisnis yang berkaitan dengan gadget.

Memang, latar belakang pendidikannya bukan di dunia teknologi informasi. Tapi, Kemal paham benar mengenai gadget. Maklum, ia ganti ponsel setiap dua bulan–tiga bulan sekali.

Nah, ide untuk berbisnis TI berawal dari ponsel pintar BlackBerry, yang dibeli Kemal pada tahun 2006. Dari pengalaman memakai BlackBerry, Kemal tahu bahwa terjadi pergeseran pada para pemakai ponsel pintar tersebut. Pasalnya, orang tidak hanya menggunakan BlackBerry untuk berkomunikasi belaka, namun juga untuk menikmati hiburan. “Itu menjadi celah bisnis,” ujar lelaki kelahiran 1976 ini.

Kemal lalu bergabung dengan milis BlackBerry dunia. Dari hasil diskusi dengan beberapa anggota komunitas BlackBerry, ia menggali kebutuhan konsumen ponsel. Bersama teman-temannya, Kemal lalu mulai mengeksplorasi dan mencoba membuat beberapa aplikasi untuk layanan smartphone itu.

Tidak diacuhkan RIM

Kemal kemudian mencoba mencari informasi bagaimana cara menjadi rekanan Research in Motion (RIM) selaku produsen BlackBerry yang berbasis di Kanada. Ia mengirim e-mail permohonan ke Kanada.

Sayang, usaha Kemal tidak membuahkan hasil. Tidak ada satu pun pejabat RIM yang menjawab e-mailnya. Sampai suatu ketika di tahun 2008, Kemal bertemu dengan manajer marketing senior RIM Asia Pasifik pada acara BlackBerry di Senayan City, Jakarta.

Kemal memberanikan diri menyampaikan ide untuk membuat aplikasi BlackBerry. Dengan bekal pengetahuan di bidang pemasaran dan hobi gadget-nya, Kemal menjelaskan secara singkat tentang hitung-hitungan potensi pasar dan pendapatan secara umum. “Hebatnya, mereka percaya dan tertarik. Benar-benar pengalaman yang luar biasa,” kata bapak satu anak tersebut.

Pada akhir 2008, Kemal bersama ketiga temannya mendirikan PT Diantara Kode Digital, pengembang software aplikasi BlackBerry dengan nama Better-B. Perusahaan ini pun kemudian menjadi rekanan RIM. “Kami menyediakan aplikasi BlackBerry untuk pelanggan ritel dan korporat,” katanya.

Kemal juga menyambangi tiga operator telekomunikasi besar untuk bekerjasama melengkapi konten aplikasi mereka. Salah satunya, Better-B membuat sistem belanja dengan ponsel alias virtual mall.

Dengan virtual mall, pelanggan bisa mengunduh aplikasi, wallpaper, ring tone, info merchant yang menawarkan diskon, sampai tip bermanfaat. “Kami akhirnya bekerjasama dengan PT Excelcomindo Pratama (XL) dengan nama layanan XL Mall,” tutur Kemal.

Total, Better-B menyediakan sebanyak 30 aplikasi untuk pelanggan BlackBerry XL, baik ritel maupun korporat. Saat ini, menurut Kemal, lebih dari 40.000 pelanggan BlackBerry XL aktif mengakses aplikasi XL Mall setiap bulan.

Walhasil, dengan tarif berkisar Rp 5.000–Rp 15.000 setiap kali download, total pendapatan dari aplikasi itu mencapai Rp 500 juta per bulan. Karena Better-B mendapat jatah bagian 40 persen, omzet Kemal mencapai Rp 200 juta sebulan, hanya dari satu aplikasi itu saja. ( Yudo Widyanto /Kontan)

Sumber : KONTAN


Bisnis Warnet - Facebook


Kalau di perkotaan mayoritas pengunjung warnet memanfaatkan untuk bermain game online, tidak demikian halnya dengan pengunjung warnet di pedesaan. Demam facebook telah merambah semua pelosok negeri hingga ke perkampungan di desa sehingga memunculkan peluang bisnis baru yaitu warnet facebook

berikut sebuah petikan utuh-utuh dari tulisan BlackGerry Tour di Sangkurinag.com

“aa, tiasa warnet na? - aa, warnetnya bisa?” tanya seorang konsumen cantik menegur saya yang sedang jaga.

“Bisa neng, silahkan gunakan aja pc no. 2″ kata saya.

“oh, haturnuhun- makasih” katanya sambil malu-malu menghampiri bilik warnet no 2,”ngisina kumaha, a?”tanya dia agak bingung.

“mau buka apa?” sahut saya sambil menghampiri bilik no 2.

“buka facebook, a” katanya kemudian.

“oh, klik aja opera-nya, terus ketik facebook.com di adress bar. terus enter,” sambut saya mulai bersikap sebagai instruktur warnet.

“oh, makasih a. wah kok beda yah nggak kayak di hape?”

Demikianlah obrolan singkat antara konsumen dan kuncen warnet di tempat saya membuka usaha warnet. Tak salah makanya saya buat judul diatas dengan istilah “warnet facebook”, kenapa? yah karena hampir semua yang datang ke warnet saya merupakan pengguna hanya untuk membuka facebook.

Aplikasi facebook yang digunakan para user di tempat saya pun jangan anda bayangkan buka farmvile, mafiawar, atau aplikasi facebook lainnya. Mereka hanyalah mau upload foto, ganti foto profile, cari teman, dan ganti-komen status. Apalagi klo anda bertanya,”gimana peluang facebook marketing disana?” tentunya saya akan jawab,”boro-boro!”

Demikianlah sekilas kondisi warnet di daerah seperti yang saya alami. perlu diketahui, saya membuka warnet di sebuah kota kecil di selatan sukabumi, disana terdapat pantai UjungGenteng yang eksotis. Saya berpikir IT sangat perlu untuk menggenjot kunjungan wisata mancanegara ke daerah tersebut. Tentunya IT yang tidak sekedar Facebook!

Melihat perkembangan yang ada, siap tahu nantinya akan muncul warnet twitter, atau persewaan blackberry hahahaha


Bisnis Kaos IT - menyasar penggemar IT Open Source


Bermula dari perusahaan di bidang hosting Untuk domain internet www.bimasaktijaya.com, sekarang sedang mengembangkan bisnis di sektor fashion perkaosan yang ditujukan untuk para penggemar IT Open Source Maupun Freeware untuk memakai fashion brand IT kecintaannya.

Dengan menggunakan bahan produk yang berkualitas prima dan diproses dengan kualitas tinggi, sehingga menjadi produk yang dapat diterima dimasyarakat. Memakai teknologi bordir komputer, non chemical sehingga dijamin aman dipakai oleh penggunanya.

Soal layanan pengiriman, jangan khawatir bisnis ini menerapkan one day services. Jadi kalau order Anda dilakukan dibawah jam 10 pagi bisa dipastikan order barang Anda dikirim ketempat tujuan hari itu juga.

Informasi lebih lanjut, silakan buka http://www.kaos-it.com

Beberapa kategori kaos yang ditawarkan antara lain
Categories
• Firefox Mozzila Krah
• Yahoo Messenger Oblong
• Wordpress Oblong
• Blogger Oblong
• CentOs Krah
• Firefox Mozzila Oblong
• Google Oblong
• Facebok Oblong
• Paypal Oblong
• YouTube Oblong
• Google Krah
• Anak-Anak


Hendy Setiono - Profil Pengusaha UKM (Usaha Kecil Milyaran)

Sukses bisnis kebab yang dikonsep dengan sistem waralaba dan manajemen yang solid, membuat Hendy Setiono mendapatkan berbagai award, baik dari dalam maupun luar negeri. Di antaranya, ISMBEA (Indonesian Small Medium Business Entrepreneur Award) 2006 oleh menteri Koperasi dan UKM, ASIA’s Best Entrepreneur Under 25 oleh majalah Business Week International 2006. Mengapa Hendy memilih berbisnis makanan Timur Tengah dan bagaimana dia menjalankannya, simak wawancara Irwansyah dari Warta Ekonomi. berikut Petikannya.

Bisa ceritakan sedikit tentang bisnis anda ?
Saya menggeluti bidang usaha makanan cepat saji ala Timur Tengah yang menggunakan sistem Franchise (Waralaba) dalam operasionalnya.
Sebagai seorang entrepreneur, saya membawa bendera management PT. Baba Rafi Indonesia yang memiliki beberapa bisnis unggulan antara lain : usaha Franchise dengan brand “Kebab Turki Baba Rafi” (sekarang sudah memiliki lebih dari 375 outlet di Indonesia) dan “Roti Maryam Aba-Abi” (sekarang sudah memiliki 30 outlet yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali). Dan dalam waktu kami akan me-launching Franchise dengan brand “Piramizza” yang sekarang masih kami kelola secara mandiri dan sudah beroperasi sebanyak 5 (lima) gerai outlet di Surabaya. Dengan total omzet yang diperoleh setiap tahunnya adalah kurang lebih 15,8 Miliyar.
Investasi awal yang dibutuhkan untuk Franchise Kebab Turki Baba Rafi sangat terjangkau jika diperhitungkan dengan kemudahan dan keuntungan yang akan diperoleh oleh Franchisee (orang yang membeli hak waralaba kami) selama menjalin kerja sama dengan kami (selama 5 tahun masa kerja sama), dari Rp 55.000.000 hingga Rp 105.000.000. Sampai saat ini, kami memiliki 173 orang tenaga kerja yang bergabung dengan PT. Baba Rafi Indonesia. Karyawan kami terdiri atas SDM-SDM yang mempunyai beragam talenta dan kreativitas yang tinggi.

Mengapa Anda memilih mendirikan usaha, bukannya bekerja kantoran seperti yang banyak dilakukan rekan-rekan Anda?
Inilah hidup, penuh tantangan dan lika-liku yang susah untuk ditebak dan diramalkan. Dan saya adalah salah satu icon orang muda yang lebih memilih untuk menekuni dunia profesi yang memiliki resiko kegagalan sangat tinggi, tapi juga sebaliknya memiliki kemungkinan sukses yang sama tingginya pula.
Jadi, kalau rekan-rekan yang lain lebih memilih jadi orang kantoran, sebaliknya saya lebih memilih menjadi penjual Kebab saja. Lha wong jadi penjual Kebab itu enak kok. Saya bisa jalan-jalan ke luar negeri (seperti ke Malaysia) belum lama ini untuk menerima penghargaan di acara Asian Pasific Entrepreneur Awards itu karena saya sebagai penjual Kebab dari Indonesia, bukan sekedar saya sebagai Hendy Setiono.

Kelihatannya Kebab Baba Rafi ini sudah sesuai dengan hobi atau passion anda ?


Sangat tepat sekali. Saya sangat hobi untuk berwisata kuliner, termasuk wisata kuliner untuk makanan yang bernama Kebab ini. Kebetulan beberapa waktu silam, saya mendapat kesempatan untuk jalan-jalan ke salah satu negara di Timur Tengah.
Nah, disanalah saya mulai mengenal dan menyukai santapan khas ala Timur Tengah itu. Cita rasa Kebab yang khas Timur Tengah itu membuat saya semakin tertantang untuk mulai mempopulerkannya sebagai salah satu alternatif fastfood di Indonesia. Dari ide inilah akhirnya saya memilih brand “Kebab Turki Baba Rafi” untuk mulai membuat icon fastfood baru di Indonesia sebagai pioneer di bidangnya.

Berapa investasi yang anda siapkan waktu itu, dan darimana asalnya?
Awal mula saya memulai usaha ini, saya hanya menyiapkan modal Rp. 4.000.000,- yang saya ambil dari dana pribadi saya sendiri.

Apa tantangan yang Anda hadapi ketika mulai berbisnis, apalagi ketika mitra mengetahui bahwa Anda berusia masih amat muda? Lalu, apa yang Anda lakukan?


Usia saya yang masih sangat muda ketika memulai usaha ini bukan menjadi hambatan bagi saya karena justru hal itu menjadikan nilai tambah tersendiri bagi saya dan bisnis yang sedang saya tekuni.
Hambatan kecil yang saya rasakan pada waktu itu adalah dari aspek marketing (pemasaran) dan supply bahan baku yang pada saat itu masih tergolong agak susah didapatkan. Namun hal itu tidak saya biarkan berlama-lama menjadi penghambat kesuksesan saya sebagai entrepreneur muda. Pola pikir itu saya ubah, dari sebuah hambatan saya ubah menjadi sebuah tantangan. Karena tantangan dan peluang itu bedanya sangat tipis sekali untuk mencapai suatu keberhasilan.

Ada pendapat, entrepreneurmuda saat ini “diuntungkan zaman”, sebab memiliki tingkat pendidikan, akses informasi dan pengetahuan, serta jaringan lebih baik ketimbang pengusaha zaman dulu. Menurut Anda?


Pendapat tersebut tidak salah dan sangat betul sekali. Sebagai salah satu icon entrepreneur muda, saya sangat merasakan kemudahan dan keuntungan itu.
Contohnya saja, dengan memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi, akses informasi dan pengetahuan yang lebih mudah, serta jaringan bisnis yang lebih baik merupakan modal awal bagi seorang entrepreneur di masa sekarang untuk dapat melangkah lebih jauh. Karena hal ini akan sangat menguntungkan kita para entrepreneur muda untuk lebih menguasai market yang akan menjadi target sasaran kita.

Apakah Anda sendiri menggunakan kekuatan jejaring sosial di dunia maya, dan juga di realitas, untuk memenangkan pasar?
Memiliki banyak jaringan bisnis artinya saya semakin mempererat tali silaturrahim dengan rekan-rekan bisnis yang lain. Sementara untuk jaringan di dunia maya ataupun di dunia hanyalah sebuah fasilitas atau media yang lebih mempermudah saya untuk menjalin hubungan bisnis dengan rekanan bisnis saya. Artinya untuk masa sekarang dan yang akan datang kita semakin dipermudah dalam membuat jaringan bisnis untuk menentukan arah pergeseran pasar yang sedang terjadi.

Bagaimana peran keluarga Anda dalam membangun Baba Rafi?
Keluarga bagi saya adalah seperti danau yang memberikan ketenangan dan selalu memberikan inspirasi bagi saya. Di saat kerjaan menumpuk dan semua hampir mendekati deadline, hanya kepada keluargalah saya dapat menemukan ketenangan dan motivasi baru. Support moril dan spirituil yang diberikan oleh keluarga kepada saya dan untuk perkembangan karier entrepreneurship saya adalah sangat berarti.

Lingkup usaha Anda masih di dalam negeri atau sudah merambah ke Luar Negeri?


Alhamdulillah, tahun 2008 ini mungkin boleh dikatakan sebagai tahun tantangan bagi saya karena tahun ini juga kami sedang melakukan persiapan untuk membuka beberapa gerai outlet di negeri jiran Malaysia. Boleh dikatakan, 70% persiapan telah selesai termasuk survey lokasi dan pengurusan izin usaha di sana yang lumayan ruwet sekaligus “njelimet”.
Sekarang tinggal bagaimana saya dan management team PT. Baba Rafi Indonesia mampu mengubah tantangan ini menjadi sebuah peluang untuk mengangkat nama “Kebab Turki Baba Rafi” di negeri orang sekaligus untuk meraih sukses seperti di dalam negeri (Indonesia). Target awal kami memang baru Malaysia sebagai wilayah ekspansi bisnis kami, namun dalam waktu dekat juga akan menyusul negara-negara tetangga yang lain seperti : Negeri Gajah Putih (Thailand), Vietnam, Brunei Darussalam, serta Filipina sebagai wilayah ekspansi bisnis kami. Kami tidak mau hanya dianggap jago kandang. Kalau tidak sekarang, kapan lagi kita bisa mendulang sukses di negeri orang. Istilahnya “Ayo rek, kapan lagi kita jadi Bos di negara orang???”

Apakah usaha Anda sudah mencapai BEP? Berapa lama dari pendirian? Apakah Anda merasa sudah sukses dalam menjalani bisnis ini?

Usaha saya sudah mencapai BEP, tapi saya tidak akan pernah merasa puas dengan bisnis ini karena bagi seorang entrepreneur, kepuasan itu adalah awal dari kehancuran. Semakin cepat seorang entrepreneur merasakan puas, maka semakin dekat dan semakin cepat pula kehancuran usahanya. Kalau saya sudah puas dengan apa yang sudah saya dapat, maka selamanya saya tidak akan bisa mengembangkan bisnis ke luar negeri.

[Warta Ekonomi]


Sumber : ayobisnis.com

Subscribe